Rabu, 02 September 2015

Kebudayaan Makanan Dan Ciri Khas Madura


A. Kebudayaan Madura
 Berbicara mengenai kebudayaan indonesia adalah negara yang memiliki beragam kebudayan di dalam nya,Salah satunya adalah kebudayaan madura. Masyaraka madura sendiri juga memiliki beberapa kebudayaan diantaranya, Rumah adat madura, Bahasa daerah madura, Tarian madura dll namun madura jugak dikenal sebagai pusatnya santri sebab di Madura banyak terseber pondok pesantren, Dan pondok pesantren itu sendiri sudah begitu mengakar di golongan masyarakat madura. Berikut ini macam-macam kebudayaan masyarakat Madura:
 1.Kerapan Sapi Kerapan sapi adalah salah satu kebudayan madura yang paling terkenal, kesenian ini diperkenalkan pada abad ke-15 (1561 M) Pada masa pemerintahan pangeran katandur di daerah keraton sumenep. Kerapan sapi ini adalah lomba memacu sapi paling cepat sampai tujuan, dan Bertujuan untuk memberikan motivasi kepada petani agar semangat untuk bekerja dan meningkatkan produksi ternak sapi. 
2.Musik Saronen Musik saronen ini berasal dari masyarakat sumenep. Jika di Madura mengadakan kesenian, Musik saronen inilah yang akan mengiringinya, Musik saronen adalah perpaduan dari beberapa alat musik, Tetapi yang paling dominan adalah alat musik tiup berupa kerucut, Nah itulah alat musik tiup yang di sebut saronen. 
3. Bahasa Madura Bahasa Madura memiliki bahasa yang sedikit unik. Masyarkat diluar madura yang ingin mempelajari bahasa madura akan mengalami sedikit kesulitan, Khususnya dari segi pelafalannya. Bahasa Madura juga sama seperti bahasa-bahasa jawa lainnya yakni memiliki tingkatan-tingkatan, Yakni : a. Enjha' - iyeh b. Enggi - Enthen c. Enggi - Bhunten






 B.Makanan Kash Madura
 Pertama kali kita mendengar kata Madura mungkin yang terngiang dalam kepala kita adalah "carok", Namu jauh dari kata carok Madura juga memiliki makan Khas madura yakni, a. Soto Madura Mungkin soto Madura sudah tidak terlalu terkenal seperti dulu tapi soto Madura tetap memiliki empat di hati para penikmat kuliner. soto Madura memiliki keu nikan tersendiri karna taksama seperti soto lainnya soto madura biasanya ditambahkan santan dan rasanya jadi lebih lezat. b. Sate Madura Hampir Di seluruh kota di Indonesia selalu ada warung sate Madura. Sate Madura biasanya di buat dari daging kambing atau ayam yang telah selesai dipotong kecil-kecil kemudian ditusuk dan di bakar dan sering disebut sate lalat. disebut sate lalat karana potongannya yang kecil-kecil, dan disajikan bersamba bumbu kacang, sambel dan kecap. c. Nasi Jagung KUliner khas Madura yang satu ini sudah sangat melekat dengan masyarakat madura, Bahkan banyak dari masyarakat Madura masih sulit meninggalkan nasi jagung.
  
 3.Ciri Khas Masyarakat Madura
Masyarakat Madura dikenal dengan caroknya namun mereka tidak akan melakukan carok kalu mereka benar benar melakukan kesalahan, namun banyak dari sdebagian masyarakat madura yang pandai ilmu agamanya karna ilmu agama bagi masyarakat madura adalah makanan sehari-hari. Dan madura terkenal karnal hubungan antar suku sangat erat sebab untuk memper erat hubungan sesama suku, masyarakat madura juga dikenal memiliki etos kerja yang tinggi.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar